Lifestyle

Rekomendasi Desain untuk Rumah Tipe 27, Idaman Kamu!

1 Bulan 2 Hari lalu 137 views

Hi vivo CLUB Fans!

Menjamurnya townhouse-townhouse kecil dan KPR dari bank dengan bunga yang kompetitif membuat memiliki rumah semakin dimudahkan saat ini. Setelah siap dihuni, terkadang kita lupa untuk mengonsepkan desain dari rumah tersebut. Nah sekarang kita akan ngobrol tentang beberapa tip mengenai dekorasi rumah kecil.

Permasalahan utama dari rumah kecil adalah kurangnya ruangan, dilema yang dialami oleh banyak orang. Hal ini memang tidak selalu mudah diatasi, dan memang sulit menemukan cara terbaik untuk menghias dan memanfaatkan ruangan dengan benar. Tapi, bukan berarti kita harus menyerah, kan? Dan kabar baiknya adalah, ada beberapa trik yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini, dan memberikan ilusi ruangan yang lebih besar daripada ukuran sebenarnya.

Yuk kita simak trik-trik yang biasa digunakan oleh para arsitek interior. 

Gunakan Warna-warna yang Terang

Secara psikologi warna, kenyataan bahwa warna cahaya yang ringan, adalah pilihan yang tepat untuk kamu, terutama pada ruangan kecil. Hanya dengan cara ini kamu bisa menciptakan ruangan yang terang dan memberikan pandangan yang lebih besar pada ruang keluarga, kamar tidur, dapur, atau kamar mandi kamu, dari ukuran sebenarnya. Tentu saja kamu tidak perlu membuat ruangan yang semuanya putih, tetapi terapkan hal ini pada beberapa elemen rumah kamu.


Ruangan yang Lapang

Sebuah saran penting untuk diperhitungkan menghadapi ruangan yang kecil adalah, buatlah ruangan yang terbuka. Ya, kamu bisa request saat pembangunan dilakukan atau melakukan renovasi dengan membongkar dinding, terutama pada ruang keluarga dan dapur, untuk menciptakan lebih banyak ruang terbuka, cahaya dan terutama, space itu sendiri. Rumah kamu akan terlihat lain.

Manfaatkan Tanaman Hias

Tanaman, merupakan bagian dari aturan penting pada dekorasi. Mereka harus selalu dimasukkan dalam satu atau beberapa ruangan di rumah kamu, bahkan pada rumah yang kecil sekali pun. Tentu saja kamu tidak akan membuat taman tropis di dalam rumah kamu, tetapi jika kamu integrasikan sebuah tanaman atau sebuah pot tanaman kecil pada dekorasi rumah kamu, maka rumah kamu akan mendapatkan lebih banyak kehidupan, dan ruangan itu tidak akan terlihat begitu kecil.

Pasang Furniture dan Dekorasi Penuh Warna

Jika pada saran pertama merujuk pada penggunaan warna-warna terang seperti pada cat atau wallpaper, bukan berarti kamu tidak bisa menempatkan elemen-elemen yang penuh warna dan semangat pada dekorasi rumah kamu. Bantal, bunga, lilin, kursi dan lukisan dengan warna-warna yang kuat, membawa muatan energi yang baik, dan memberikan rasa yang lain untuk ruangan kamu.

 

Perhatikan Pencahayaan

Bicara tentang rumah kecil, pencahayaan tentu menjadi hal yang cukup krusial. Sebuah ruang yang tidak terpapar cahaya dengan benar dan baik, akan terlihat lebih kecil dan sangat berat. Pilihlah penerangan atau lampu yang baik bisa pada langit-langit, lantai atau meja selain kamu juga pencahayaan alami. Semakin cerah, semakin indah pula rumah kamu.


Manfaatkan Ruangan di Bawah Tangga

Kalau kamu membutuhkan ruangan lebih dan kebetulan memiliki space di bawah tangga, maka kamu dapat memanfaatkan area tersebut baik untuk area penyimpanan ataupun fungsi yang lain. Dengan cara ini, kamu akan mengambil keuntungan dari setiap meter persegi rumah kamu, sesuatu yang sangat dibutuhkan terutama dari rumah kecil.

 

Perlunya Cermin

Solusi ketujuh untuk mengakali rumah kecil adalah penggunaan cermin. Ini adalah benda yang tidak akan mengurangi space ruangan kamu dan mudah ditemui. Kenapa? Karena memungkinkan kamu untuk menciptakan visual ruangan yang lebih besar daripada yang sebenarnya, berkat kekuatan refleksi. Trik ini paling banyak digunakan para arsitek interior untuk mengatasi ruangan yang kecil.


Jangan Terlalu Banyak Memasukkan Furniture

Jangan pernah memenuhi rumah yang kecil dengan furniture atau dekorasi. Semakin ringan, maka akan semakin menarik rumah kamu. Jika rumah kamu kelebihan beban dengan banyak furniture, dekorasi dan elemen-elemen lain yang tidak perlu, kamu tidak hanya akan kehilangan ruang untuk sirkulasi, tetapi juga menciptakan penghalang visual, yang akan membuat ruangan terlihat semakin kecil.


Bermain dengan Tata Letak

Kita tidak harus meletakkan semua furniture ke dinding dan sudut-sudut ruangan. Memang kita semua umumnya melakukan hal ini, tapi kenyataannya, hal ini juga bisa membuat tata letak rumah menjadi datar, bahkan terasa penuh. Atur barang-barang kamu, mungkin dalam bentuk segitiga, dan mix and match furniture, sofa, kursi berlengan dan meja kopi kamu dengan benar.

Jika kamu merasa sulit menemukan furniture untuk ruangan di rumah kamu, maka gunakanlah jasa profesional seperti interior designer. Mereka dapat memberikan kamu custom furniture yang akan cocok dan sempurna untuk sudut rumah kamu. Selalu lebih baik bermain aman daripada melakukan pembelian yang salah.

Gimana? Kira-kira kebayang kan kira-kira apa yang harus kamu lakukan untuk bisa membuat rumah kamu terlihat lebih besar. Jangan lupa juga untuk mencari referensi-referensi desain rumah kecil seperti di aplikasi pinterest atau instagram.

Editor:
avatar-user-profile-vivo
amdar07
hari ini

paling suka ruangan yg warna kebiru"an

Balas
avatar-user-profile-vivo
kusumadewi
29 hari lalu

boleh juga ini kebayang sih buat weekend nice kak

Balas
avatar-user-profile-vivo
johnwicks
29 hari lalu

min ini mah edan idaman pastinya tata letak seperti ini

Balas
avatar-user-profile-vivo
roguefastkill
29 hari lalu

warna biru biar keliatan fresh

Balas
avatar-user-profile-vivo
kiluahunter
29 hari lalu

wah ok juga tipsnya

Balas
avatar-user-profile-vivo
liamaulida
29 hari lalu

nice tips

Balas
avatar-user-profile-vivo
saipul
28 hari lalu

Waah bisa jadi inspirasi yang bagus niih

Balas
avatar-user-profile-vivo
indira
27 hari lalu

sangat memberikan inspirasi keren!

Balas
avatar-user-profile-vivo
erna
26 hari lalu

hehe disesuaikan dengan kocekan dulu, nice rekomendasi dan tipsnya boleh lah

Balas
icon-wheeler-vivo