Community

#SiBeraniBeda Diskodiwedding

14 Hari 9 Jam lalu 104 views

Hi vivo CLUB Fans!



Seiring dengan berkembangnya dunia hiburan, tentu saat ini profesi disk jockey (DJ) semakin dikenal oleh banyak orang. DJ adalah orang yang memilih serta memutar rekaman musik untuk para pendengarnya melalui musik yang telah direkam sebelumnya. DJ akan memodifikasi serta menghibur para pendengar dengan susunan musik yang sudah dibuat yang nantinya akan terus mengalir untuk membuat semua orang terhibur dan terhanyut dalam rangkaian lagu yang mereka susun.


Jika mungkin dulu kita mengenal profesi DJ hanya memutar musik-musik di radio, kini sudah banyak jenis-jenis dari profesi ini mulai dari radio DJ, DJ yang menghibur di klub malam atau club DJ, DJ yang hanya memainkan musik sebagai kegiatan untuk dirinya sendiri atau kerabat dekatnya saja, yaitu Bedroom DJ, sampai dengan Mobile DJ atau DJ yang berkeliling dengan membawa peralatannya dari satu lokasi ke lokasi yang lainnya seperti acara perpisahan sekolah, nonton bareng, hingga acara pernikahan atau Wedding DJ.


Diskodiwedding



Nah! Ngomong-ngomong soal Wedding DJ, kenalan sama Diskodiwedding, yuk! Terbentuk pada tahun 2013 oleh Ferry Husni melalui Disko.id atau yang dulunya lebih dikenal dengan Diskodirumah. Ferry menceritakan awal perjalanannya mulai dari mengenal dunia DJ sampai dengan membentuk full service wedding DJ company pertama di Indonesia.


Mendalami dunia DJ dari tahun 2005 dan mengira profesi DJ hanya akan mengisi acara di klab malam atau diskotik saja, Ferry akhirnya menyadari bahwa profesi DJ dibutuhkan untuk semua jenis acara.


Awalnya saya hanya coba-coba dan memang hobi saja waktu kuliah sekitar tahun 2005-2006, dan waktu itu sering mengisi acara-acara di klab malam seperti campus night, malam inagurasi dan sejenisnya. Tahun 2008-2009 saya magang di sebuah kantor di Jakarta, lalu sesekali saya diminta mengisi acara sebagai DJ di event-event client, saya yang waktu itu masih mengira kalau nge-DJ cuma bisa di klab malam atau diskotik jadi mulai tahu bahwa DJ memang dibutuhkan apapun jenis eventnya,” ungkap Ferry.


Nah! Pada tahun 2009, Ferry menawarkan diri sebagai DJ di salah satu acara wedding klien perusahaannya dan sejak saat itu juga dia melakukan banyak riset dan belajar seputar profesi DJ dan perkembangannya di Indonesia.


“Tahun 2009, salah satu klien kami menikah di sebuah hotel mewah di jakarta, lalu saya coba-coba menawarkan diri, gimana kalau weddingnya pakai DJ aja? dan sejak acara itulah saya jadi banyak riset, belajar dan baru tahu kalau walaupun tidak populer di Indonesia, tapi di dunia internasional memang ada sebuah profesi yang dinamakan Wedding DJ, bahkan adanya sudah sejak tahun 70an dan di beberapa negara malah sudah jadi bagian dari tradisi pernikahan pasti pakai DJ,” ungkap Ferry.

Lalu, pada tahun 2013, Ferry mendirikan full service wedding DJ company pertama di Indonesia, bernama Diskodiwedding yang saat ini sudah mengisi ratusan acara wedding yang tersebar di Indonesia. 


Menjadi Seorang Wedding DJ



Setiap profesi tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, termasuk menjadi seorang Wedding DJ. Selain memiliki tuntutan memberikan sebuah experience terhadap kedua pasangan pengantin kepada para kerabat, dan juga para tamu yang hadir melalui musik, faktanya tidak semua orang dapat menerima keberadaan seorang Wedding DJ karena beberapa faktor, seperti tidak mengetahui apa arti profesi seorang DJ, baru mengetahuinya, hingga terlanjur memiliki opini tersendiri terhadap profesi DJ yang untuk tidak sedikit orang masih dipandang buruk bahkan diperparah dengan pemberitaan di media terhadap perilaku-perilaku para DJnya sendiri. Menanggapi hal ini, Diskodiwedding menjadikannya sebuah tantangan bahwa, setiap acara yang akan mereka hadiri, mereka akan memastikan persiapannya dengan sangat matang.


“Kita seneng banget kalau melihat wajah puas dan happy-nya kedua pengantin selama acara berlangsung, bahkan tidak jarang juga pengantin, keluarga dan tamu-tamu yang saking menikmatinya musik yang kami sajikan, sampai berdansa-dansa bareng atau ikut nyanyi - nyanyi bareng kalau pas kebetulan mereka tahu liriknya,” ungkap Ferry.


“Karena musik yang kami mainkan di hari itu kan sebetulnya adalah “pesan” non-verbal dari kedua pengantin yang sedang berbahagia ini untuk para tamu, sekaligus juga banyak nilai dan story-nya dibalik pilihan lagu-lagu mereka ini, misalnya lagu-lagu kenangan mereka berdua atau lagu-lagu mereka pas lagi bucin, dll. Jadi kalau semua tamu bisa menikmati, berarti secara tidak langsung, “pesan” nya berhasil tersampaikan dengan baik,” sambung Ferry.


Aktif di berbagai kegiatan seputar musik, berikut acara-acara yang sudah diikuti oleh Diskodiwedding:


  • 2006, Heineken Thirst DJ Search - Semifinalist

  • 2009, Djarum Black Soundtrack Competition - 3rd Winner

  • 2010, Ravelex Campus Heroes DJ Championship - Finalist

  • 2011, Abang & None Jakarta Pusat - Finalist

  • 2014, FWD Life Passionpreneur Most Passionate People / Winner


Selain menjadi seorang DJ, Ferry juga mengakui memiliki hobi shoot video hingga membuat konten-konten video. Alasan memilih hobi ini pun, diakui Ferry agar semua hobinya saling nyambung dengan profesi Djnya agar pembagian waktunya juga tidak terbagi-bagi. Nggak sampai disitu, melalui Diskodiwedding, Ferry berharap bisa berbagi pesan dan nilai-nilai seputar musik terutama tentang profesi DJ dan Mobile DJ kedepannya. Namun saat ini, mereka mencoba menyampaikan pesan-pesan itu melalui konten-konten pada sosial media dan website yang mereka publish dan semoga bisa menjadi inspirasi untuk orang yang melihatnya. 

Kepoin mereka di @diskodiwedding biar vivo CLUB Fans makin terinspirasi, yuk!




Editor:
avatar-user-profile-vivo
amdar07
14 hari lalu

wihhhh keren nih

Balas
avatar-user-profile-vivo
rhijal
13 hari lalu

nyentrik juga

Balas
avatar-user-profile-vivo
lorddevils
13 hari lalu

keren beud

Balas
avatar-user-profile-vivo
maduracun
12 hari lalu

jug jaman now

Balas
avatar-user-profile-vivo
achriyadi
12 hari lalu

makin keren aja profesi jaman sekarang

Balas
avatar-user-profile-vivo
adindaa
12 hari lalu

kereeeen abis dj

Balas
avatar-user-profile-vivo
sandinegara
11 hari lalu

makin kreatif aja

Balas
avatar-user-profile-vivo
cahya
11 hari lalu

profesi jaman now

Balas
avatar-user-profile-vivo
abdulmajid
9 hari lalu

profesi ajeb ajeb

Balas
icon-wheeler-vivo