Travelling

5 Destinasi Kawasan Wisata Super Prioritas Oleh Kemenparekraf

1 Bulan 3 Hari lalu 36 views

Hi vivo CLUB Fans!


Di tengah pandemi COVID-19, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf), fokus mengembangkan potensi pariwisata Tanah Air dengan mempromosikan 5 Destinasi Super Prioritas di Indonesia, yaitu Borobudur, Likupang, Mandalika, Danau Toba, dan Labuan Bajo.


Menurut Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) hal ini merupakan instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo guna meningkatkan pariwisata di Indonesia.


“Pak Presiden Jokowi menginstruksikan untuk fokus dalam pengembangan 5 Destinasi Super Prioritas terlebih dahulu. Pastikan di tengah pandemi kita berbenah. Bukan hanya dari infrastrukturnya, tapi juga dari sisi ekonomi kreatif,” ungkap Menparekraf Sandiaga Uno dalam Podcast Wonderful Indonesia bersama salah satu selebriti Tanah Air. 


Nah tentunya, pemilihan masing-masing destinasi ini memiliki keunikan dan pesona wisata tersendiri walaupun faktanya, Indonesia memiliki banyak destinasi pariwisata yang sangat beragam dari sabang sampai Merauke. 


“Ini juga merupakan instruksi langsung dari presiden, kalau mau membangun itu harus fokus. Cari 5 yang berpotensi menjadi ‘Bali Baru’. Kalau 5 destinasi ini sudah selesai dipersiapkan tahun ini, tahun depan kita perluas. Pastikan semuanya punya kualitas kelas dunia,” ungkap Sandiaga Uno.


Setiap destinasi pastinya memiliki keunggulan masing-masing bagi para wisatawan. Lalu, seperti apa sih keseruan yang dimiliki masing-masing destinasi itu? Yuk, simak ulasannya pada penjelasan di bawah ini!


  1. Borobudur




Destinasi super prioritas Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah. Didirikan sekitar era 800-an Masehi oleh para penganut agama Buddha, candi berbentuk stupa ini dinobatkan UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia pada tahun 1991. 


Selain menjadi cagar budaya dunia, candi Borobudur menjadi salah satu tempat wisata yang menarik perhatian wisatawan domestik dan juga mancanegara. Candi Borobudur memiliki total 73 stupa dengan rincian 1 stupa induk yang berada di puncak candi, 32 stupa di tingkat 1, 24 stupa di tingkat 2, dan 16 stupa pada tingkat 3. Selain Stupa, Borobudur juga memiliki 2.672 panel relief serta 504 arca Buddha.


Selain itu, para peziarah keagamaan mengunjungi tempat suci tersebut untuk memperingati Hari Raya Waisak.


Fakta menarik lainnya, vivo Indonesia sempat berkolaborasi dengan Candi Borobudur dalam acara peluncuran produk vivo V9 pada tahun 2018 lalu dengan serangkaian kegiatan dan acara yang menarik dan seru. 


  1. Likupang




Destinasi super prioritas Likupang terletak di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara dan berjarak 48 km dari Kota Manado.


Likupang merupakan surga bagi para pecinta pantai, pasalnya selain eksotis dan memesona, pasir putih dan laut biru membentang begitu bersih dan jernih cocok untuk kamu snorkeling, diving, atau sekadar bermain air dan berjemur menikmati matahari tropis.


Nah! Saat berkunjung kesana, jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Pulisan, Pantai Paal, dan Ekowisata Bahoi. Ombak tenang dan kehidupan bawah laut yang masih asri, menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.


Selain itu, di Likupang juga terdapat pondok wisata atau homestay di sejumlah tempat, seperti di Desa Marinsow, Desa Pulisan, Desa Kinunang, Desa Bahoi, dan Desa Pulau Gangga.


  1. Mandalika




Berlokasi di Nusa Tenggara Barat (NTB), Mandalika sudah diresmikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus pariwisata sejak tahun 2017. Nantinya, Mandalika akan dikembangkan untuk wisata olahraga (sports tourism) kelas dunia seperti Moto GP. 


Selain memiliki pesona alam yang luar biasa indah, wisata kuliner Mandalika juga terkenal seperti ayam taliwang, sate bulayak, sayur ares, ayam rarang, nasi balap puyung, plecing kangkung, dan sambal beberuk terung.


  1. Danau Toba




Memiliki popularitas dan sebagai ikon pariwisata Tanah Air, Danau Toba berlokasi di Pulau Sumatera dan menjadi salah satu destinasi prioritas yang menawarkan keindahan alam luar biasa bagi para wisatawan. Di salah satu sisi danaunya, kamu bisa mendapatkan pengalaman glamping atau berkemah mewah sambil menikmati pesona indahnya Danau Toba.


  1. Labuan Bajo.




Destinasi super prioritas yang tengah dikembangkan pemerintah selanjutnya berada di Nusa Tenggara Timur (NTT), yaitu Labuan Bajo.


Banyak keseruan wisata layaknya surga, seperti wisata komodo di Pulau Komodo, Labuan Bajo juga punya keseruan lainnya seperti di Pulau Rinca, Pulau Padar, maupun Gli Lawa.


Labuan bajo bisa dijadikan referensi tempat wisata yang seru dengan keluarga maupun teman-teman terdekat. Keindahan alam yang terbentang pastinya akan mempercantik feeds sosial media kamu. 


Nah, itulah daftar lengkap 5 destinasi wisata super prioritas yang terus dikembangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. 


Editor:
avatar-user-profile-vivo
amdar07
1 hari lalu

Mandalika makin keren aja kelihatannya

Balas
avatar-user-profile-vivo
eghy
24 hari lalu

pengen ke labuan bajo jadinya

Balas
avatar-user-profile-vivo
paris
24 hari lalu

mandalika jadi buat motogp kan ya?

Balas
avatar-user-profile-vivo
hope
24 hari lalu

destinasinya keren semua itu sih

Balas
avatar-user-profile-vivo
red
23 hari lalu

belum pernah ke 1 pun ini gimana saya ya?

Balas
avatar-user-profile-vivo
ademin
23 hari lalu

likupang baru denger saya nih

Balas
icon-wheeler-vivo