Education

Program Bebas Belajar di Kampus Merdeka Oleh Kemendikbud

6 Hari 18 Jam lalu 20 views
Program Bebas Belajar di Kampus Merdeka Oleh Kemendikbud

Hi vivo CLUB Fans!


Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) meluncurkan kebijakan Merdeka Belajar atau Kampus Merdeka yang merupakan Hak Belajar Tiga Semester di Luar Program Studi dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil secara bebas demi mendukung para mahasiswa mempersiapkan ilmu yang nantinya berguna untuk memasuki dunia kerja. 


"Ini tahap awal untuk melepaskan belenggu agar lebih mudah bergerak. Kita masih belum menyentuh aspek kualitas. Akan ada beberapa matriks yang akan digunakan untuk membantu perguruan tinggi mencapai targetnya," ungkap Nadiem dalam rapat koordinasi kebijakan pendidikan tinggi di Gedung D kantor Kemendikbud, Jakarta.


Perguruan tinggi diharapkan dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan perancangan sistem yang inovatif guna mahasiswa dapat mendapatkan pengetahuan dan keterampilan secara optimal. Tujuan program ini juga agar kelak di dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat, mahasiswa Indonesia memiliki bekal untuk menghadapi perubahan sosial dan budaya tersebut agar lebih matang secara soft skills maupun hard skills agar bisa memenuhi kebutuhan zaman.


"Kalau dulu diajarkan dalam ruangan-ruangan, satu orang fokus dengan satu program studinya, sekarang dengan adanya Merdeka Belajar-Kampus Merdeka kita dorong agar mereka bisa mengasah potensi yang dimiliki di program studi lain yang setara dengan 20 SKS," ungkap Nizam, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud.


Selain itu, program yang fleksibel ini diharapkan dapat memfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensinya sesuai dengan bakatnya juga untuk menyiapkan lulusan bangsa yang unggul secara utuh, siap kerja, atau menciptakan lapangan kerja baru serta berkepribadian sebagai pemimpin masa untuk kelak di masa depan.


Dalam program Kampus Merdeka, sistem akreditasinya bersifat otomatis untuk seluruh peringkat dan bersifat sukarela bagi perguruan tinggi dan prodi yang sudah siap naik peringkat dengan mengikuti akreditasi yang sudah ditetapkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) akan berlaku selama lima tahun amun akan diperbaharui secara otomatis.


Re-akreditasi PT dan prodi yang diajukan akan dibatasi paling cepat 2 tahun setelah mendapatkan akreditasi yang terakhir kali. Untuk perguruan tinggi yang terakreditasi B dan C bisa mengajukan peningkatan.


"Nanti, Akreditasi A pun akan diberikan kepada perguruan tinggi yang berhasil mendapatkan akreditasi internasional. Daftar akreditasi internasional yang diakui akan ditetapkan dengan Keputusan Menteri," ungkap Nadiem. 


Dikutip dari Kemendikbud, menurut Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D. selaku Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, pembelajaran dalam Kampus Merdeka memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika lapangan seperti persyaratan kemampuan, permasalahan riil, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kinerja, target dan yang ingin dicapai.


Berikut kegiatan-kegiatan belajar pada program ini:


  • Magang/ praktek kerja lapangan di Industri atau tempat kerja lainnya.

  • Proyek pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di desa.

  • Mengajar di satuan pendidikan.

  • Pertukaran mahasiswa.

  • Melakukan penelitian.

  • Melakukan kegiatan kewirausahaan.

  • Membuat studi/ proyek independen dan

  • Mengikuti program kemanusisaan. 


Kegiatan-kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dengan bimbingan dari pada dosen di Kampus merdeka.


"Setiap kegiatan yang dipilih mahasiswa harus dibimbing oleh seorang dosen yang ditentukan kampusnya. Daftar kegiatan yang dapat diambil oleh mahasiswa dapat dipilih dari program yang ditentukan pemerintah dan/atau program yang disetujui oleh rektornya," kata Mendikbud.

Editor:
avatar-user-profile-vivo
disko2000
4 hari lalu

semoga saja bisa membantu putra putri bangsa tepat sasaran

Balas
avatar-user-profile-vivo
nando78
3 hari lalu

semoga dapat meringankan beban anak bangsa

Balas
avatar-user-profile-vivo
rizkymaulana
2 hari lalu

semoga berlanjut sampai tahun tahun berikutnya

Balas
icon-wheeler-vivo