Technology

Ternyata Teknologi Virtual Reality Bukan Hanya Buat Manusia

7 Hari 17 Jam lalu 19 views
Ternyata Teknologi Virtual Reality Bukan Hanya Buat Manusia

Hi vivo CLUB Fans!


Teknologi Virtual Reality (VR) yang kita tahu sering digunakan oleh para gamers untuk bermain game, dimanfaatkan oleh sejumlah peternak sapi di Rusia yang melakukan sebuah uji coba teknologi ini pada kerumunan sapi mereka, bertempat di peternakan susu RusMoloko di Moskow, Rusia. 


Sapi di Rusia dipasangi kacamata VR (Sumber: VRScout)


Mendapat banyak perhatian usai foto seekor sapi pakai VR viral di media sosial nasional Rusia, pejabat Kementerian Pertanian dan Makanan Moscow mengonfirmasi hal itu benar.


Untuk para gamers, VR ini berbentuk seperti kacamata yang digunakan dengan cara memasang smartphone pada VR sehingga kita bisa melihat permainan yang ada di ponsel untuk bisa mendapatkan sensasi lebih pada saat bermain game.


Namun, headset VR yang dipasangkan kepada para sapi di Rusia ini dibuat secara khusus yang dirancang oleh pengembang dan dokter hewan agar memiliki visual warna yang bisa disesuaikan dengan apa yang mereka lihat karena sapi sangat sensitif pada beberapa warna tertentu. Karena sapi dikenal pandai mengenali corak pada ujung warna spektrum merah, seperti warna merah, oranye, dan kuning. Sementara ada juga warna yang kurang dikenal baik oleh sapi yaitu warna hijau, biru, dan ungu.


Kira-kira, apa ya yang ditampilkan VR untuk sapi-sapi ini?


Teknologi VR ini digunakan agar para sapi dapat lebih santai dan gembira dengan menikmati keseharian mereka melihat video pemandangan, padang rumput hijau, hingga tak perlu khawatir dengan predator sehingga sapi tidak merasa stres dan bisa menghasilkan banyak susu. Sapi-sapi ini memiliki penglihatan seluas 300 derajat, tetapi penglihatan kedua mata mereka hanya terbatas ada 25 sampai 30 derajat saja pada saat menggunakan headset VR ini.


Teknologi lain selain VR juga digunakan sejumlah petani di Rusia agar para sapi menghasilkan banyak susu, seperti memainkan musik klasik sampai alat pemijat otomatis agar membantu pada saat proses beternak.


Headset VR tersebut sudah melewati proses pengujian dan berkala yang terbukti mampu menurunkan tingkat kecemasan dan meningkatkan suasana hati mereka menjadi gembira.


Cara ini dilakukan berdasarkan penelitian yang menunjukkan bahwa sapi yang lebih bahagia akan menghasilkan lebih banyak susu dan lebih bergizi.


Namun sampai sekarang, para peneliti masih melakukan penelitian panjang untuk hasil yang lebih jelas dari efek pemasangan VR pada sapi baik dari kualitas maupun kuantitas atau jumlah susu yang dihasilkan.


Nah menurut vivo CLUB Fans, inovasi ini akan bisa dimanfaatkan untuk hewan apalagi ya dimasa mendatang?

Editor:
avatar-user-profile-vivo
budiwijayaks
7 hari lalu

serba canggih alat yang moderen bisa menjadikan teknologi yg digunakan untuk manusia dan hewan

Balas
avatar-user-vivo
rizkymaulana
2 hari lalu

beda banget kalau didesa masih memanfaatkan alat yang ada ya

avatar-user-profile-vivo
disko2000
4 hari lalu

kunang kunang kak kalau banyak terang juga 

Balas
avatar-user-profile-vivo
nando78
3 hari lalu

makin canggih skrg, besok besok apa lagi ini

Balas
icon-wheeler-vivo