News

Gagal Mudik? Jangan Manyun! Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Biar Gak Sedih

1 Bulan 1 Hari lalu 25 views
Gagal Mudik? Jangan Manyun! Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Biar Gak Sedih

Lagi-lagi tahun ini pemerintah Republik Indonesia kembali melarang warganya untuk melakukan mudik lebaran (bahkan mudik lokal yang sedianya diperbolehkan, tapi entah kenapa tiba-tiba dilarang, bikin kesel). Tentu saja pelarangan ini masih berkaitan dengan pandemi Covid-19 yang masih belum beranjak dari alam semesta.


Nah, buat kamu yang sudah mempersiapkan diri dan materi jauh-jauh hari namun pada akhirnya harus sakit hati karena dilarang mudik oleh pemerintah yang dipimpin pak Jokowi. Tenang, kamu masih bisa melakukan sesuatu yang berfaedah dan tentunya gak bikin kamu sedih dan stres. 

Video Call


Tak bisa bertemu secara fisik bukan berarti putus hubungan silaturahmi kan? Apalagi kini jaman semakin canggih, tanpa bertemu pun kini kita bisa saling bersua. Untuk mengakali jarak yang memisahkan antara kamu dengan keluarga, kamu bisa memanfaatkan kemajuan teknologi video call yang terdapat dalam aplikasi WhatsApp.


Cara ini bisa kamu lakukan untuk mengobati kerinduan tanpa harus mudik saat lebaran di tengah pandemi Covid-19. Untuk bisa melakukan hal ini kamu harus mempunyai smartphone (masak iya sih hari gini gak punya smartphone). Tak hanya satu orang, kini video call bisa kamu lakukan bersama 50 orang sekaligus lho. 

Berkumpul dengan Teman yang Senasib


Selain video call, cara lain yang bisa kamu lakukan untuk biar gak sedih karena lantaran tidak bisa mudik adalah dengan berkumpul dengan orang yang senasib (senasib ya bukan senasab). Selain bisa berbagi kesedihan, kamu juga bisa meng-ghibah berjamaah atas larangan mudik yang ditetapkan pemerintah.


Mengingat ini masih dalam masa pandemi, batasi jumlah orang sakit hati yang berkumpul ya. Jangan sampai usaha pemerintah dalam mencegah penularan Covid-19 lewat larangan mudik menjadi sia-sia karena perbuatan kamu.

Berburu diskon online


Tentu tidak ada satupun orang yang ingin mengalami gagal mudik. Sayangnya, hampir semua orang di Indonesia (khususnya perantau) kini tengah merasakan hal itu. Baik itu karena adanya larangan mudik ataupun karena tidak cukupnya uang untuk membeli tiket pulang ke kampung halaman.


Kamu yang tidak cukup beruntung merasakan mudik tahun ini, kamu bisa gunakan waktumu untuk berbelanja kebutuhan lebaran. Hari raya biasanya identik dengan party time alias diskon yang ditawarkan oleh tempat-tempat perbelanjaan baik offline maupun online. Nah kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk membeli barang yang kamu incar dengan harga yang lebih murah.

Kirim Parcel atau Bingkisan Lebaran


Hal yang bisa kamu lakukan biar gak sedih karena gagal mudik adalah dengan mengirim parcel ke orang tua atau sanak keluarga. Cara ini dinilai ampuh karena meski kamu tidak hadir, setidaknya bingkisan darimu sudah mewakilinya. Pilihan parcel yang bisa kamu kirim seperti parcel kue kering, parcel makanan ringan, parcel alat masak dan bingkisan lain yang sekiranya pantas diberikan untuk orang tercinta. Kalau kamu tidak mau repot, kamu bisa membeli parsel-parsel tersebut melalui belanja online. 


Yang mana nantinya penjual akan langsung mengirim pesanan kamu ke alamat tujuan tanpa kamu repot mengurusnya sendiri. Biar makin berkesan, berikan ucapan selamat lebaran dan permohonan maaf karena lebaran tahun ini kamu belum bisa pulang bertemu mereka. Sisipkan pula foro terbaikmu, kalau sudah begini dijamin deh rasa kangen bakal segera terobati.

Masak Masakan Lebaran


Jika beberapa cara di atas belum bisa menghilangkan stresmu, maka cobalah untuk menyibukan diri membuat masakan lebaran. Makanan seperti opor ayam, sambal goreng dan rendang bisa jadi pilihan. Selain menjadi menu khas lebaran, makanan tersebut juga mudah dibuat (buat yang bisa masak ya, yang cuma bisa masak air abaikan). Untuk ketupat dan lontong kamu bisa membeli di pasar. 


Jika makanan sudah siap, undang teman-teman kamu yang sama-sama gagal mudik untuk makan bersama (makan ya bukan ghibah bersama). Kalau kamu belum pernah membuat masakan ini sebelumnya, kamu bisa melihat tutorialnya yang banyak tersedia di Youtube. Coba deh ikutin beberapa tips diatas. Siapa tahu hal ini bisa membuatmu lebih bersyukur.



Editor:
avatar-user-profile-vivo
MichelleWinnie
30 hari lalu

Mantap

Balas
icon-wheeler-vivo