News

Ini Dia Kalimat Ucapan Selamat Idul Fitri yang Benar

1 Bulan 1 Hari lalu 30 views
Ini Dia Kalimat Ucapan Selamat Idul Fitri yang Benar

Apakah kamu sudah mempersiapkan ucapan selamat Idul Fitri? Tak terasa Ramadhan segera berlalu, Idul Fitri pun sudah di depan mata. Saat hari kemenangan tiba, masyarakat Indonesia memiliki tradisi atau kebiasaan saling mengucapkan maaf lahir batin satu sama lain. Tak sekedar tahniah, namun ucapan tersebut mengandung banyak doa. 


Mengucapkan selamat saat lebaran memang sudah menjadi tradisi di negeri ini. Ucapan yang biasa diucapkan setahun sekali ini pun banyak ragamnya. Lantas, sebetulnya bagaimana ucapan Idul Fitri yang benar? Saat momen tiba, kamu pasti sudah tidak asing dengan kalimat minal ‘aaidiin wal faaiziin, Mohon maaf lahir batin. Kalimat ini tidak hanya digunakan masyarakat, bahkan media televisi dan sejenisnya juga turut mengkampanyekan kalimat ini.




Namun, tahukah kamu jika sebetulnya kalimat ini kurang tepat? Ya, jika diartikan ke dalam bahasa Arab, "minal aidin wal faizin" memiliki arti "termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang". Kalimat ini tentu tidak ada kaitannya dengan mohon maaf lahir batin. Pasalnya, tidak berdiri sendiri. Oleh karena nya, bisa dibilang mengucapkan tahniah "minal aidin wal faizin" adalah keliru. Lantas bagaimana ucapan yang selamat Idul Fitri yang benar? 


Jika dikembalikan ke masa Nabi Muhammad SAW, kalimat tahniah yang sering diucapkan para Sahabat Rosululloh adalah “taqabbalallaahu minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘ammin wa antum bi khair”. Yang artinya “semoga Allah menerima (amal ibadah Ramadlan) kami dan kamu. Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu senantia dalam kebaikan.”


Sayangnya rangkaian kalimat doa yang begitu panjang ini oleh masyarakat Indonesia disingkat menjadi minal aidin wal faizin yang mana secara makna kurang tepat. Jika ingin meniru apa yang dilakukan para Sahabat maka ucapan yang tepat adalah yaitu “taqabbalallaahu minnaa wa minkum”, bukan mengucapkan minal ‘aaidin wal faizin."


Meski mengandung makna yang kurang tepat untuk diucapkan saat Idul Fitri, namun selama ucapan tersebut mengandung kebaikan dan tidak bertentangan dengan syariat. Maka mengucapkannya boleh-boleh saja.

Ucapan Idul Fitri Menyentuh Hati

  • Lantunan indah suara takbir telah berkumandang, sudah saatnya kita mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin.

  • Selamat hari Raya Idul Fitri 1442 H. Tabbakallahu Minna Wa Minkum, semoga masih diberikan kesempatan untuk bertemu dengan ramadhan dan Idul Fitri yang akan datang.

  • Meski wajah tak mampu menatap, tangan tak bisa saling menjabat, semoga coretan tulisan ini mampu menjadi jembatan di hari penuh kemenangan ini. Minal aidin wal faidzin.

  • Biarlah kenangan manis dan pahit di hari lalu, tersusun rapi dalam renung hati, kini kita buka lembaran baru, dan membasuh segala kesalahan. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

  • Jazakumullah khair saudara-saudara ku, untuk semua pelajaran yang pernah kau berikan, untuk semangat yang pernah kau tularkan, untuk ketegaran dan kesabaran mu, semoga Allah menerima amalan-amalan kita dan Allah pertemukan kita dengan ramadhan yang akan datang.

  • Beningkan hati dengan dzikir. Cerahkan jiwa dengan cinta. Lalui hari dengan senyum tetapkan langkah dengan syukur. Sucikan hati dengan pemohonan maaf. Selamat hari raya Idul Fitri. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, minal aidin wal faizin.

  • Tiada kesucian menjadi sempurna, tatkala ada salah satu kebencian tertanam dalam jiwa. Untuk membasuh jiwa dari kebencian, dengan melakukan permintaan maaf. Terkirim dari lubuk hati terdalam atas kesalahan selama ini. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin.

Ucapan Idul Fitri Lucu

  • Hari Raya makan ketupat, ketupat dipotong menjadi empat. Walau untuk bertemu kita tak sempat, namun ucapan maaf ku kirim cepat. Maaf lahir dan batin".

  • Reset khilaf atau restart hati? Asal jangan di-shut down. Sedikit error bisa diperbaiki, asal jangan hang. Mohon maaf lahir dan batin".

  • Menjelang Lebaran, sebelum sinyal internet lambat. Sebelum kuota menipis. Izinkan aku mengucapkan Selamat Idul Fitri, minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin".

  • Sepatu baru ada, celana baru ada, pakaian baru ada, kopiah baru juga ada. Namun, yang belum kupunya yaitu maaf darimu… Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin".

  • Wangi kue Lebaran kucium di sana sini, kunikmati dan kumakan sesuka hati. Kadang malu juga sih, tapi inilah Idul Fitri. Segala berkah harus kita nikmati".

  • Saat flu sering bersin, kepala berat badan meriang. Kalau aku sering ngeselin, maafin aku ya sayang".

  • Coba lihat ke luar dan lihat, matahari tersenyum, pohon-pohon menari, dan burung-burung berkicau untukmu. Semua itu merupakan rasa syukur makhluk ciptaan-Nya di hari yang fitri ini, mohon maaf lahir dan batin".

  • Berharap pada lesung, yang ada hanya rumpun jerami. Ingin hati bertemu langsung, namun yang sampai hanya pesan ini. Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin".

  • Anak kucing baru lahir, diajarin emak bahasa latin. Ramadhan suci berakhir, mohon maaf lahir batin".

Editor:
avatar-user-profile-vivo
MichelleWinnie
30 hari lalu
Balas
avatar-user-profile-vivo
MichelleWinnie
30 hari lalu
Balas
avatar-user-profile-vivo
MichelleWinnie
30 hari lalu
Balas
icon-wheeler-vivo