News

5 Dompet Digital Terbaik yang Bikin Pengeluaranmu Terkontrol

13 Hari 12 Jam lalu 23 views
5 Dompet Digital Terbaik yang Bikin Pengeluaranmu Terkontrol

Pembayaran nontunai dengan menggunakan aplikasi digital makin diminati masyarakat Indonesia. Bahkan saking banyaknya orang yang melakukan pembayaran dengan dompet digital, sempat memunculkan tren baru di kalangan masyarakat Indonesia. Efisiensi, kecepatan serta kemudahan dalam bertransaksi menjadi alasan utama masyarakat memilih menggunakan layanan keuangan elektronik. Lantas siapa dompet digital terbaik yang ada di Indonesia? Berikut daftarnya.

GOPAY


Diluncurkan pada 2013 silam Gopay berhasil mengambil hati pengguna e-wallet di Indonesia. Aplikasi pembayaran virtual yang berada di bawah naungan Gojek ini kian populer karena  aksi bakar uang lewat program cashback dan promo. Di awal kemunculannya, Gopay hanya digunakan untuk membayar transaksi yang ada pada aplikasi Gojek. Namun seiring berjalan, Gopay mulai merambah menjadi dompet digital yang bisa digunakan untuk banyak keperluan.


Diantaranya membayar BPJS, tagihan listrik, telepon, PAM, kredit, membeli pulsa dan masih banyak lagi. Semua ini bisa kamu lakukan tanpa perlu menyiapkan uang cash. Bisa dibilang Gopay adalah salah satu dompet digital terbaik yang ada di Indonesia. 

OVO


Dompet digital terbaik selanjutnya adalah OVO. E-money milik Lippo Group ini berhasil menjadi raja dompet digital. Pasalnya, pada 2019 lalu OVO berhasil menguasai 20% pasar layanan keuangan elektronik Indonesia. Satu tingkat diatas Gopay dan DANA yang hanya mampu menguasai 19% pangsa pasar dan 10% saja.


Sebelum menjadi besar dan diterima masyarakat seperti sekarang, OVO sempat mengalami pengalaman pahit lantaran pernah dibekukan oleh Bank Indonesia (BI) pada Oktober 2017 silam. Hal ini dilakukan karena pada waktu itu OVO belum mengantongi izin. OVO menawarkan dua option penyimpanan yang dapat dipilih pengguna, yaitu OVO Cash dan OVO Point.  Sistem point berlaku untuk transaksi dengan minimum Rp 10.000, dimana setiap minimum transaksi pengguna akan mendapatkan Poin OVO. Setiap 1 OVO Points dihargai Rp. 1.

DANA


Kamu pasti sudah mengenal dompet digital yang satu ini. Setahun lalu Dompet Digital Indonesia atau yang lebih dikenal dengan DANA hadir sebagai solusi kebutuhan masyarakat akan pembayaran virtual berbasis open platform. Meski pendatang baru, namun pada 2020 lalu DANA berhasil mendapat pengakuan sebagai Aplikasi Mobile Payment Terbaik pada Selular Award 2020. Penghargaan ini diberikan setelah DANA banyak melakukan inisiatif dalam membantu pemerintah. 


Seperti hadirnya layanan mini program Siaga Covid-19 dan mini-service Warung Pangan. Yang mana layanan ini sebagai bentuk dukungan gerakan #BelanjadiWarungTetangga sekaligus dukungan kepada pemerintah dalam upaya menekan penyebaran virus Corona di Indonesia.

LinkAja



Selangkah lebih maju dari Gopay dan OVO, dompet digital milik Telkomsel dan anggota Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menerapkan keunikan dalam hal pengisian dana atau yang lebih kenal dengan nama top up. Dimana para pengguna tidak perlu melakukan top up, melainkan untuk memastikan ketersediaan dana bisa dilakukan secara directly ngelink ke tabungan di masing-masing. Sebagai salah satu  layanan keuangan elektronik terbaik di Indonesia, LinkAja dibekali dengan hampir 120 fitur.


Dengan jumlah pengguna 50 juta orang yang tersebar di wilayah di seluruh Indonesia. Aplikasi LinkAja menawarkan dua jenis layanan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Pertama ada layanan Basic Service, dimana jumlah saldo tidak bisa melebihi Rp 2 juta. Kedua ada layanan Full Service dimana jumlah maksimum saldo bisa mencapai Rp 10 juta.

SAKUKU


SAKUKU adalah layanan keuangan digital dari BCA (Bank Central Asia) berupa uang elektronik yang dapat digunakan bertransaksi melalui aplikasi guna memudahkan penggunanya melakukan transaksi elektronik tanpa perlu membawa uang cash. Ada banyak jenis layanan pembayaran yang bisa dilakukan melalui aplikasi SAKUKU, seperti membeli pulsa, membeli paket data, beli voucher game, pembayaran berbagai tagihan, transaksi perbankan hingga membayar belanja di 13 merchant dan 2 website yang bekerja sama.


Menariknya, untuk bisa menggunakan SAKUKU kalian tidak perlu menjadi nasabah BCA dulu. Kamu bisa mendapatkannya dengan mendownload aplikasi Sakuku BCA di Google Play Store dan App Store. Serupa dengan aplikasi dompet digital lainnya, SAKUKU juga tidak menerapkan biaya administrasi bulanan kepada para penggunanya. Itulah dia 5 dompet digital terbaik yang ada di Indonesia. Dari kelima layanan diatas, E-Wallet mana yang sudah kamu gunakan?



Editor:
icon-wheeler-vivo