News

7 Trik Khusus Cara Menghasilkan Foto yang Bagus

13 Hari 13 Jam lalu 21 views
7 Trik Khusus Cara Menghasilkan Foto yang Bagus

Meski terlihat mudah, menghasilkan foto yang bagus dan enak dipandang bukanlah pekerjaan mudah. Kendati menggunakan perangkat canggih, namun menghasilkan foto yang ciamik membutuhkan keahlian dan skill yang cukup rumit. Nah, buat kamu yang ingin mendapatkan foto dengan hasil bagus, kali ini ada trik khusus yang akan membantu kamu mendapatkan foto bagus ala profesional hanya dengan alat rekam sederhana sekelas smartphone.

Jangan Asal Mengambil Foto


Semua orang tentu bisa mengambil foto, tapi untuk hasilnya tentu akan berbeda-beda. Untuk mendapatkan foto yang bagus, jangan asal foto. Tapi buatlah plan atau rencana sebelum memfoto, seperti menentukan objek apa yang ingin kamu potret, serta apa yang ingin ditonjolkan dari objek tersebut.

Terapkan Rule of Odds


Di dalam dunia fotografi kamu mungkin pernah mendengar istilah Rule of Odds atau aturan ganjil. Rule of Odds sendiri merupakan aturan dimana komposisi objek dengan jumlah ganjil dinilai lebih menarik dibandingkan angka genap. Seperti terlihat pada gambar, 3 dadu terlihat lebih menarik dari dua atau empat dadu. Kendati bagus secara estetika, kamu harus jeli dalam menerapkan teknik ini. Pasalnya, tidak semua obyek cocok menggunakan Rule of Odds .

Misalnya, ketika kamu memotret sepasang kekasih. Jika kamu menambahkan orang ketiga, maka foto akan terlihat aneh dan justru akan menghilangkan makna dari foto itu sendiri.

Perhatikan Latar Foto


Tak sedikit orang yang mengabaikan peran latar atau background dan lebih fokus ke objek foto. Padahal, background memiliki peran yang tak kalah penting dari objek utama. Background yang selaras dengan objek akan membuat foto terlihat hidup dan mempunyai satu kesatuan. Kamu tidak akan pernah bisa memiliki foto yang bagus jika latar foto kamu kacau. Dengan background, obyek apapun akan terlihat lebih menarik. Sebaliknya, sebagus apapun objeknya jika tidak didukung background atau bahkan tidak memiliki background maka akan terlihat membosankan.

Kuasai Pengaturan Kamera


Tak ada salahnya bagi kamu, khususnya pemula menggunakan mode otomatis. Namun, untuk mendapatkan hasil foto yang ciamik dengan ketepatan fokus sebaiknya kamu menggunakan mode manual. Dibanding otomatis, mode manual memang jauh lebih sulit. Tapi dengan mode manual kamu punya banyak kesempatan untuk mengatur sendiri fokus objek yang kamu bidik. 

Meski begitu, penggunaan mode baik otomatis maupun manual harus kamu sesuai dengan kebutuhan. Jika kamu membidik objek yang cepat maka pilihlah mode otomatis. Jika sebaliknya, maka gunakan mode manual.

Latih Kepekaan Situasional


Kamu mungkin pernah menemukan moment-moment dadakan dimana moment tersebut bagus jika diabadikan, tapi sayangnya kamu belum siap. Untuk mengantisipasi kejadian tersebut terulang kembali, cobalah untuk melatih kepekaan situasional yang ada dalam diri kamu. Jika berhasil, bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan foto yang bagus dari moment yang tidak disengaja.

Jangan Tergesa-gesa


Foto nge-blur adalah masalah paling umum yang sering dialami fotografer. Biasanya hal ini terjadi karena foto diambil tidak fokus dan tergesa-gesa. Dalam hal apapun, sesuatu yang dilakukan dengan tergesa-gesa tidaklah baik, pun demikian dengan fotografi, sangat tidak dianjurkan.

Layaknya memancing, memotret juga butuh kesabaran ekstra. Amati situasi dan lingkungan, mulailah fokus pada target bidikan serta lakukan pemilihan background sembari menunggu momen yang dinantikan tiba.

Mencari Sudut yang Menarik

Ada banyak sudut yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan foto yang bagus. Jangan terpaku dengan satu sudut saja. Bereksperimen lah dengan berbagai sudut yang berbeda, bisa lebih rendah atau lebih tinggi. Untuk mengambil foto dengan sudut yang tinggi kamu bisa menggunakan tangga. Sementara untuk foto dengan ekspos sudut rendah kamu bisa berbaring di lantai. Lakukan beberapa kali sampai kamu mendapatkan hasil terbaik.

 


Editor:
avatar-user-profile-vivo
juventusjoman
hari ini

Terimakasih sudah berbagi ilmu ,semoga bermanfaat .

Balas
icon-wheeler-vivo